Jumat, 05 Desember 2014

Mengenal Drum Set Untuk Pemula

        Hai.  Sobat Drummer. Apa Kabarnya?. Senang sekali dalam kesempatan kali ini saya bisa menuangkan sebagian ilmu saya dalam bidang musik, khususnya untuk alat musik "DRUM".
        Sebelum saya membahas lebih jauh lagi tentang drum, saya mau tanya dulu kepada teman teman. Sebelumnya teman teman sudah tau apa itu alat musik DRUM?. Oke. jika belum tau, disini kita akan membahas tentang apa itu Drum?. Dan apa saja nama nama yang ada dalam Drum set tersebut



              Drum itu menurut saya adalah sebuah alat musik yang mempunyai beberapa komponen yang di satukan dan bisa menghasilkan suara yang berkarakter. Drum terdiri dari Hi Hat, Tom-Tom, Floor, Snare, Bass Drum, dan Cymbal. Masing-masing komponen tersebut mengeluarkan suara yang berbeda beda ketika di pukul. Contohnya snare, snare itu mempunyai suara yang terkesan nyaring. menurut saya mungkin bisa di bilang high sound. berbeda dengan Bass Drum yang mengeluarkan suara agak low sound.

              Oke. sekarang kita mulai membahas beberapa komponen :

1. Bass Drum

             Bass Drum atau juga yang biasa saya sebut Baby Drum adalah sebuah komponen yang penting pada sebuah drum set.  bass drum ini mempunyai suara yang terkesan Low Sound dan agak kedap. Pada bass drum ini mempunyai sebuah pedal untuk memainkan bass drum tersebut. Pada bagian dalam bass drum tersebut biasanya orang melapisinya lagi dengan busa sehingga suara yang di hasilkan agak kedap dan tidak mengaung. Ukuran pada bass drum juga bervariasi.


2. Snare Drum
                
           Snare drum adalah sebuah komponen yang tidak boleh ketinggalan dalam sebuah drum set. Snare drum tersebut mempunyai suara yang sangat tinggi dan nyaring. ya bisa dii bilang High Sound. Snare drum juga mempunyai ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pada sebuah genre lagu tersebut. Dan komponen ini lah yang menurut saya paling lama untuk masalah Tunning suara. permasalahannya sehingga lama untuk tunning snare drum adalah bagaimana mendapatkan suara yang kita inginkkan sesuai karakter kita. Belum lagi pada snare drum, kita harus mentuning Snappy. oh ya. untuk yang belum tahu, snappy itu adalah tali senar yang berbentuk mirip dengan PER yang di letakkan di membran bawah snare.

3. Tom-Tom



             

             Tom - Tom ini adalah sebuah komponen yang harus ada pada sebuah drum set. Karena tom tom ini lah yang berfungsi untuk menciptakan variasi dalam ketukan drum. Untuk tom-tom sendiri mempunyai ukuran yang bervariasi, sesuai dengan kebutuhan drummer tersebut.


4. Floor

     
         Dari namanya saja sudah ketahuan. Floor adalah komponen pada drum set yang terakhir. floor, tom-tom yang letaknya langsung di atas lantai yang mempunyai penyanggah besi untuk berdiri. floor tersebut mempunyai suara yang bisa di bilang Low Sound. Sama seperti bass drum tetapi suara yang di keluarkan floor tersebut agak lebih high di banding bass drum yang terdengar kedap.



5. Cymbal


          Cymbal mempunyai beberapa jenis yang berbeda beda fungsinya dan ukurannya.

                 1. Hi Hats


               Cara memainkan Hihat tersebut dengan cara di pukul dan menggunakan pedal pada kaki kiri sehingga antara cymbal top dan cymbal bottom terbuka seperti gambar di atas.

                2. Crash Cymbal
              

              Crash cymbal adalah hal yang terpenting pada drum set. Biasanya komponen ini berfungsi untuk memberi tanda ketika akan masuk pada part lagu berikutnya.


                3. Ride Cymbal





           
            Menurut saya Ride Cymbal ini adalah cymbal pengganti hit hats yang berada di sebelah kanan kita. Memainkannya dengan bit bit tertentu yang biasa di mainkan di hai hats .


           4. Splash Cymbal


                     
                     Splash cymbal adalah cymbal yang berukuran kecil. cymbal ini sebagai variasi dalam drumset. Fungsi pada cymbal adalah untuk mendapatkan suara yang halus dalam variasi variasi ketukan.

                   5. Chinnese cymbal




                 Cymbal yang satu ini bisa di bilang cymbal terbalik. karena bentuknya seperti cymbal yang terbalik, cymbal ini mengeluarkan suara yang sangat crash dari pada cymbal-cymbal yang lain. fungsi utama cymbal ini adalah untuk membuat tanda pada intro atau ingin memasuki bit yang agak cepat.


                              nah. sudah cukup jelaskan bagian bagian dari pada sebuah Drum Set. ya mungkin ada beberapa penjelasan yang kurang jelas atau salah penjelasan. ya maklum lah namanya juga masih sama - sama belajar. hehehe.
                               Oke. Sampai disini dulu pembahasan kita dalam tema pengenalan Drumset. mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata. Terima Kasih. dan Sampai bertemu lagi di Artikel saya selanjutnyaaaa!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar